Blogger Widgets

Kamis, 28 Mei 2015

4 Penyebab Ban Cepat Aus

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Selamat Siang bro :D

Ban Merupakan salah satu faktor paling penting dalam menjaga keselamatan masbro sekalian saat berkendara,Ban juga merupakan salah satu kewajiban yang harus ada didalam motor atau mobil masbro,gak ada ban gimana mau jalan coba mobil atau motornya?gkgkg =D
Maka dari itu diharapkah para pengendara disarankan untuk lebih waspada dan lebih memperhatikan kondisi Ban,kalo Ban nya udah Gundul,bersiaplah untuk menggantinya dengan yang baru :D
Seperti yang kita ketahui bahwa indonesia termasuk kedalam 5 besar negara penyumbang LakaLantas Terbanyak di dunia,dan kecelakaan tersebut diakibatkan dari banyak faktor,mulai dari faktor Human Error(kesalahan manusia itu sendiri),dan faktor tidak layaknya kendaraan yang digunakan.
Faktor Ban yang sudah Gundul atau aus merupakan salah satu penyebab lakalantas,sering kita lihat kendaraan yang sudah tidak layak dan ini berpotensi menyebabkan kecelakaan.
Dikutip dari DetikOto,sekiranya terdapat 4 faktor penyebab Ban kendaraan cepat Aus,faktor tersebut adalah:

1.Kecepatan

Buat pengendara harus memperhatikan simbol kecepatan pada ban yang digunakan.Karena tidak satu dan dua pengendara yang tidak memperdulikan simbol pada ban yang tertera.mobil yang terlalu cepat sampai melewati batas kecepatan di ban dapat menyebabkan ban tersebut cepat Aus.
berikut beberapa simbol kecepatan maksimal yang tertera di ban mobil:


Simbol Ban              Kecepatan Maksimum

M                                       130 km/jam
N                                        140 km/jam
P                                         150 km/jam
Q                                        160 km/jam
R                                         170 km/jam
S                                         180 km/jam
T                                          190 km/jam
U                                          200 km/jam


2.Keadaan Mekanisme Kendaraan

Satu lagi yang sering dilupakan pengendara alah melakukan rotasi pada ban.karena kecenderungan ban akan mengalami aus yang tidak merata.oleh sebab itu pengendara sangat disarankan untuk melakukan spooring,karena setir cenderung membuang ke satu arah,saat sudah berjalan sejauh 10.000 Km.
ada bebearapa cara perubahan rotasi ban yang benar,diantaranya:untuk kendaraan berpenggerak roda belakang dan 4 roda,bisa dilakukan rotasi seperti ban belakang kanan,dan ban depan kang du bab jabab dan bisa diputar ke belakang kiri.Selanjutnya untuk kendaraan berpenggerak roda depan bisa diputar seperti ban belakang kanan dtaruh menduduki posisi kri depan dan ban belakang kiri ditaruh di ban kanan depan atau bisa juga ban depan kanan ditaruh diposisi kanan belakang dan ban depan kiri bisa ditaruh di posisi kiri belakang


3.Kebiasaan mengemudi


Ban yang cepat aus juga bisa disebabkan oleh sifat agresif pengendara saat berkendara.seperti pengendara sering melakukan start yang cepat dan berhenti mendadak.membelokkan kendaraan dengan cepat,serta pengendara kerap mengendarai kendaraan d antara aspal,dan tanah,melalui lubang atau halangan lainnya


4.Tekanan Angin

Hal ini juga kerap dilupakan oleh pengendara.yaitu teekanan angin yang tidak sesuai.padahal ini cukup mudah,karena pabrikan otomotif sudah memberi patokan tekanan angin yang tepat didalam kabin (balik pintu).

Semoga bermanfaat :D

0 komentar:

Posting Komentar

 
Free Flash TemplatesRiad In FezFree joomla templatesAgence Web MarocMusic Videos OnlineFree Website templateswww.seodesign.usFree Wordpress Themeswww.freethemes4all.comFree Blog TemplatesLast NewsFree CMS TemplatesFree CSS TemplatesSoccer Videos OnlineFree Wordpress ThemesFree CSS Templates Dreamweaver